teknik budidaya melon dengan nasa

 PANDUAN TEPAT BUDIDAYA MELON NASA

PEMBIBITAN

 Pembuatan Media Semai

  • Siapkan Natural GLIO: 1 - 2 kotak dan campurkan dengan 50 - 100 kg pupuk kandang untuk lahan 1000m2. Selanjutnya diamkan kurang lebih 1 minggu di tempat yang teduh dengan selalu menjaga kelembabannya dan sesekali diaduk/dibalik.
  • Campurkan tanah halus (diayak) 2 bagian/2 ember (volume 10 liter), pupuk kandang matang yang telah diayak halus sebanyak 1 bagian/1 ember, TSP (-+50 gr) yang dilarutkan dalam 2 tutup POC NASA dan Natural GLIO yang sudah dikembangbiakkan dalam pupuk kandang sebanyak 1 - 2 kg.
  • Masukkan media semai ke dalam polybag ukuran 8 x 10 cm sampai terisi 90%.
 Teknik Penyemaian dan Pemeliharaan Bibit MELON
  • Rendam benih dalam 1 liter air hangat suhu 20- 25 'C -+ 1 tutup POC NASA selama 8 - 12 jam lalu diperam -+48 jam. Selanjutnya disemai dalam polybag sedalam 1 - 1,5 cm
  • Benih disemakaian dalam posisi tegak dan ujung calon akarnya menghadap ke bawah. Benih ditutup dengan campuran abu sekam dan tanah dengan perbandingan 2 : 1.
  • Kantong persemaian diletakkan berderet agar terkena sinar matahari penuh sejak terbit hingga tenggelam. Diberi perlindungan plastik transparan yang salah satu hujungnya terbuka.
  • Semprotkan POC NASA untuk memacu perkembangan bibit, pada umur bibit 7 - 9 hari dengan dosis 1 - 1,5 cc/liter. Penyiraman dilakukan dengan hati-hati secara rutin setiap pagi.
  • Bibit melon yang sudah berdaun 4 - 5 helai atau berumur 10 - 12 hari dapat dipindahtanamkan dengan cara kantong plastik dibuka hati-hati lalu bibit berikut tanahnya ditanam pada bedengan yang sudah dilubangi sebelumnya, bedengan jangan sampai kekurangan air.
PEMUPUKAN DASAR TANAMAN MELON



Hasil akan lebih baik jika POC NASA diganti dengan SUPERNASA yang telah dicampur air secara merata di atas bedengan dengan dosis 1 - 2 botol/1000 m2 dengan cara sebagai berikut:
  • Alternatif 1 ~~ 1 botol SUPERNASA diencerkan dengan 3 liter air dijadikan larutan induk, Kemudian setiap 50 ltr air dibeli 200 larutan induk tadi untuk menyuram bedengan.
  • Alternatif 2 ~~ Setiap 1 gembor volume 10 liter diberi 1 peres sendok makan SUPERNASA untuk menyiram -+ 10 meter bedengan.
Untuk mencegah serangan penyakit karena jamur, terutama penyakit layu, sebaiknya tebarkan Natural GLIO yang sudah disiapkan sebelum persemaian dengan dosis 1 - 2 kotak per 1000 m2.
OBAT PEMBESAR BUAH MELON



Penggunaan HORMONIK  Dosis: 1 - 2 cc/ltr air atau 1 - 2 tutup HORMONIK + 3 - 4 tutup POC NASA setiap tangki semprot (14 liter). Penyemprotan HORMONIK usia 3 - 11 minggu interval 7 hari sekali.

Untuk penaggulangan hama dan penyakit melon, gunakan PESTONA atau BVR, penyemprotan sebaiknya dilakukan pada sore hari. Agar penyemprotan lebih merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan, tambahkan Perekat Perata AERO 810 dengan dosis setengah tutup per tangki


Demikian pedoman pemupukan pada budidaya melon dengan menggunakan Pupuk Organik NASA, semoga bermanfaat.....
UNTUK PEMBELI TERCEPAT DAPATKAN DISKON DARI KAMI

0 Response to "teknik budidaya melon dengan nasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel