cara mempercepat panen singkong

BUDIDAYA SINGKONG AGR CEPAT PANEN

Cara Budidaya Singkong Agar Cepat Panen

Daun ketela pohon berguna sebagaai bahan sayuran atau untuk keperluan yang lain, seperti bahan bobat-obatan. Kayunya bisa digunakan sebagai pagar kebun atau di desa sering digunakan sebagai kayu bakar untuk memasak. Dengan perkembangan teknologi, ketela pohon dijadikan bahan dasar pada industri makanan dan bahan baku industri pakan. Saat ini umbi ubi kayu mulai digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula dan etanol dengan produktivitas 2.000-7.000 liter etanol per ha.

  cara Penanaman singkong yang benar
Ubi kayu merupakan tanaman yang memiliki adaptasi dangat luas, sehingga sering disebut sebagai tanaman pioner. penanaman tanaman ubi kayu dilakukan pada awal musim kemarau sehingga dapat dipanen pada awal musim hujan. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penanaman ubi kayu / ketela pohon  / singkong :

  1. Pemilihan bibit... Bibit dari stek batang berukuran 20-30 cm. stek yang terbaik berasal dari bagian tengah batang tanaman yang telah berumur lebih dari delapan bulan. ujung stek bagian bawah dipotong miring 45 derajat. Pemotongan bibit dimaksudkan untuk memperluas daerah perakaran dan sebagai tanda bagian yang ditanam. jika batang ditanam terbalik, hasil umbi sangat rendah. kebutuhan bibit ubi kayu / ketela pohon dalam per hektar sekitar 1.000 stek.
  2. Penyiapan lahan... Pada daerah dengan kondisi curah hujan yang banyak ubi kayu ditanam diatas guludan dan juga dapat memudahkan panen. Namun jika curah hujan tidak terlalu tinggi, pengolahan tanah cukup diratakan. Pengguludannya dapat dilakukan pada saat tanaman umur 2-3 bulan.
  3. Cara tanam... Jika dimasuksudkan untuk diambil umbinya, penanaman stek dilakukan secara vertikal berjarak 100 cm antarsetek. Namun, jika diamksudkan untuk diambil daunnya, setek dapat ditanam rapat secara mendatar agar tunas baru muncul dari setiap buku.
  4. Pemeliharaan dan Pemupukan.. Pertumbuhan ubi kayu termasuk lambat sehingga perlu penyiangan setiap bulan. Tujuannya untuk mengurangi persaingan tanaman dengan gulma pengganggu. saat kanopi telah saling menutupi, penyiangan dapat dihentikan. Ubi kayu atau singkong dapat tumbuh pada tanah miskin unsur hara dan untuk memperoleh hasil yang baik dan menjaga kesuburan tanah, pemupukan sangat perlu dilakukan secara tepat dan teratur. Penggunaan pupuk organik / pupuk kandang perlu diberikan untuk menambah unsur hara atau makanan bagi tanaman juga untuk memperbaiki kondisi tanah. Jika pupuk organik atau pupuk kandang susah didapatkan, para petani bisa menggunakan pupuk organik Teknologi NASA yaitu POC. NASA, HORMONIK dan SUPERNASA (SUPERNASA GRANULE / SUPER G) untuk memenuhi kebutuhan unsur hara makanan bagi tanaman serta untuk mepercepat pertumbuhan ubi kayu. Selain itu Pupuk Organik Nasa mampu menggantikan pupuk kandang yang susah didapatkan juga mampu memperbaiki kesuburan tanah maupun lingkungan yang dulunya tandus kurang subur menjadi subur, gembur serta kaya akan unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Seterusnya perkembangan tanaman ubi kayu/ketela pohon/singkong dapat berkembang dengan baik, dan normal sehingga budidaya singkong cepat panen.

Kesaksian petani singkong yang memakai pupuk organik supernasa

 Panen dan Pascapanen
Ubi kayu  dipanen pada umur 9-10 bulan jika digunakan untuk konsumsi. Jika digunakan untuk tepung tapioka, sebaiknya ubi kayu dipanen umur kebih dari 12 bulan. Namun dengan penggunaan Teknologi Nasa pemanenan dapat dipersingkat dengan kualitas tepung yang lebih baik.

Panen ubi kayu menggunakan cangkul atau garpu. Umbi kemudian dibersihkan dari tanah. Selanjutnya, bagian ujung umbi yang ukurannya terlalu kecil dipotong. Ubi kayu umumnya hanya tahan 1-2 hari setelah dipanen. Jika tidak segera diolah dalam 1-2 hari umbinya akan rusak. bahkan kadang umbi berwarna kebiruan bila kandungan HCN tinggi. Munculnya warna biru ini sangat menurunkan mutu tepung tapioka yang dihasilkan. Hal ini menyebabkan ubi kayu hanya dipanen sebanyak umbi yang dibutuhkan untuk segera diolah maupun dikonsumsi.

UNTUK PEMESANAN DAN PENDAFTARAN MEMBER BARU HUBUNGI:
TELP/SMS: 082110823955
WA: 083822978555
BBM: D770215A
@MAIL: DONIBAGASPRAKOSO@GMAIL.COM

0 Response to "cara mempercepat panen singkong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel