penyakit gugur daun pada karet

Hama dan penyakit tanaman karet merupakan salah satu penentu keberhasilan atau tidaknya dalam budidaya tanaman karet, Karena hama dan penyakit jika di biarkan akan mengganggu produksi gaetah karet yang dihasilkan bahkan akan mematikan tanaman karet itu sendiri. Nah sebelum kami membahas cara mengatasi penyakit kanker garis kuning pada tanaman karet dengan produk nasa/pestisida nasa kami akan sedikit menyinggung jenis penyakit apa saja yang biasanya menyerang tanaman karet.

Jenis Penyakit Tanaman Karet :

1. Penyakit pada akar : Jamur akar putih dan jamur akar merah.
2. Penyakit batang : Kanker bercak, Busuk pangkal Batang.
3. Penyakit bidang sadap : kanker garis, Mouldy rot.
4. Penyakit pada daun : Embun tepung, Penyakit colletorichum.


Dalam budidaya tanaman karet Faktor lain penentu berhasil atau tidaknya dalam budidaya tanaman karet selain cara perawatan dan pupuk yang baik untuk getah karet juga cara pencegahan hama dan penyakit, bibit yang ditanamam itulah faktor penentu agar tanaman karet menghasilkan getah karet menjadi banyak dan deras. Maka jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal pupuklah tanaman karet anda dengan pupuk organik nasa.
Gejala Serangan


Corynespora cassiicola
Penyakit gugur daun yang disebabkan oleh Corynespora cassiicola, menyerang daun muda dan tua. Serangannya diawali dengan bercak coklat, selanjutnya berkembang menjadi guratan menyerupai tulang ikan. Bercak akan meluas sejajar dengan urat daun dan kadang tidak teratur. Daun yang terserang kemudian menjadi kuning dan gugur.

Colletotrichum gloesporioides

Penyakit gugur daun yang disebabkan oleh Colletotrichum gloesporioides, menyerang pucuk dan daun muda. Serangan pada daun muda terlihat bercakbercak berwarna coklat kehitaman, keriput, bagian ujungnya mati, menggulung dan akhirnya gugur. Serangan lebih lanjut bercak tersebut menjadi berlubang. Disamping menyerang daun jamur ini juga dapat menyerang ranting muda dengan menimbulkan gejala busuk, kering dan akhirnya mati.

Oidium heveae (embun tepung)

Penyakit gugur daun yang disebabkan oleh Oidium heveae menyerang pucuk dan daun muda. Penyakit ini dikenal dengan embun tepung. Daun-daun yang terserang permukaan-nya mengeriput, ujung daun mengering dan akhirnya gugur. Pada jaringan daun yang terserang tampak adanya bercak tembus cahaya (transluscen), dan dipermukaan daun bagian bawah terdapat koloni bundar berwarna putih seperti tepung halus yang terdiri dari benang-benang spora dan spora jamur.

0 Response to "penyakit gugur daun pada karet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel