Solusi ikan lele mendadak mati

 TIPS JITU MENGATASI LELE MATI MENDADAK
ASSALAMUALAIKUM...?  Halo sahabat semua apa kabar semua semoga anda selalu dalam keadaan baik-baik saja oke kali ini saya punya tips jitu mengatasi kematian lele yang mendadak.

Curah hujan yang tak menentu bisa menganggu proses pembudidayaan ikan lele anda dan banyak yang sampai menimbulkan kematian dan jumlahnya -+ 5 ekor per kg.
Menurut Kesit Tisna Wibawa, perekayasa di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, Jawa Barat.
Hujan yang datang terus-menerus bisa menyebabkan rendahnya kualitas lingkungan kolam secara mendadak yaitu: perubahan derajat keasaman (PH), fluktuasi suhu, kematian plankton dan bakteri bermanfaat, dominasi amonium, hingga penumpukan logam berat yang terbawa air hujan.
Perubahan lingkungan budidaya yang mendadak membuat lele kaget dan menjadi stres. "Awalnya pasti stres, ngak mau makan, terus imun tubuh menurun karena tidak ada nutrisi yang mendukung dia, hasilnya rentan penyakit. penyakit akan gampang menyerang ditambah dengan kondisi lingkungan yang tidak mendukung," ulas Kesit terperinci.
Apalagi pada budidaya lele sistem probitik dan bioflok yang mengandalkan padat tebar tinggi kualitas air kolam memerlukan perhatian intensif. salah kelola, kerugianlah yang didapat.
Secara fisik lele stres terlihat pucat dengan produksi lendir meningkat sehingga lapisan lendirnya menipis dan aktif melompat-lompat di pinggiran kolam, kalau lendirnya tipis akan mudah ditempeli jamur apalagi dia bergesekan sama temenya akhirnya ada yang luka di situ mulai diserang.
  Kolam yang awalnya hijau atau cokelat juga akan berubah menjadi bening karena kamatian plankton dan bakteri. lele juga bisa keracunan amonium yang mendorong kematian massal secara mendadak. jika kondisi dibiarkan, dalam hitungan jam hingga dua hari lele yang anda budidaya akan menggantung di permukaan air respon makan hilang kemudian mati massal.
Kunci dari masalah diatas adalah:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh ikan lele dengan memberikan imunostimulan dan vitamin berupa VITERNA yang mengandung ektrak bawang putih, kencur, ruput teki, dan bakteri Bacillus karena efeknya akan mudah terlihat.
  • Memberikan vitamin C akan menghangatkan tubuh ikan sehingga nyaman untuk makan.
  • Memberikan TON (Tambak Organik Nusantara) atau Tangguh Probiotik untuk menetralkan berbagai racun dan gas bahaya hasil pembusukan bahan organik  sisa budidaya sebelumnya.
  • Menambahkan nutrisi pakan setiap pemberian pakan dicampur dengan POC NASA + VITERNA Plus dan HORMONIK untuk meningkatkan pertumbuhan dan ketahanan tubuh ikan mengandung berbagai unsur mineral penting, protein dan vitamin dalam jumlah yang optimal.
 Untuk menjaga lingkungan budidaya  lele perlu perlakuan khusus seperti penambahan kapur dolomit atau kapur tohor, tujuanya menstabilkan pH agar air tidak masam dan perubahan suhu tidak terlalu rendah, selanjutnya tambahkan mineral air berupa garam selepas hujan turun Probiotik TON Nasa atau TANGGUH Probiotik Nasa pun wajib diberikan.

Semoga artikel saya ini bisa sangat membantu anda dan bisa menambah wawasan untuk kesehatan budidaya lele anda, semoga berhasil dan sukses selalu untuk anda. WASSALAMUALAIKUM.....
 INFO & PEMESANAN:
                                WA   :  083 822 978 555   
                                BBM:  D77 0215A         
 

0 Response to "Solusi ikan lele mendadak mati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel